Friday, May 20, 2011

The Truth about Lying

      Hehe udah lama ga ngepost (padahal baru minggu kemaren -_-). Now we want to talk about lying hehe. Rata-rata orang itu mikirnya bohong itu perbuatan yang salah. Dan ada juga yang mikir kalo bohong yang kecil-kecil itu biasa disebut "white lies". Tapi kalo kita mikir begitu kenapa kita masih sering boong?. Kebohongan kecil itu bisa jadi besar kalo kita lakuin terus. Banyak orang punya alesan bagus buat boong. Contoh, mereka pengen jaga persahabatan atau perasaan seseorang. Jadi gue sekarang punya pertanyaan : "When do we lie and who we lie to?". Rata-rata orang itu bohong 7 kali dalam sehari. Berikut beberapa contoh dan alasan kenapa kita berboohong?

  • Berbohong buat nyembunyiin sesuatu
             Orang suka berbohong karena mereka itu pengen nyembunyiin sesuatu dari seseorang. Contoh, ada anak mau pergi sama cewenya tapi dia gabilang sama orang tuanya soalnya dia pikir orang tuanya itu gabakal ngijinin dia pergi. Daripada gajadi pergi dan kencannya itu gagal cewenya entar ngambek dan semuanya jadi ribet sama berantakan, anak itu ngomongnya mau main sama temennya ke mall padahal mah jalan sama cewenya -_- (jangan ditiru ya adik-adik wkwk).

  • Berbohong buat gamau ngelakuin sesuatu
              Ada orang yang bohong soalnya mereka itu gamau ngelakuin sesuatu. Contoh, temen lo ngundang buat pergi ke pesta Tapi menurut lo kalo lo ikut pestanya itu pasti boring  dan bikin ngantuk. Jadi lo bilangnya ada acara keluarga yang sangat amat penting jadi kita tuh ga dateng (y). Atau kita diajak kerja kelompok tapi males kita bilangnya ada acara keluarga atau jalan-jalan gitu.

  • Berbohong buat ngehibur seseorang
                Sering ada yang boong buat nyenengin hati seseorang. Contoh, kita diajak makan dirumah temen dan ternyata mamanya gaada dan dia gapunya pembantu dan tukang makanan jarang disana. Dia akhirnya itu mutusin buat masak sesuatu. Dan ternyata pas mateng rasa makanannya itu dahsyat banget (baca : ancur). Trus ditanya gimana enak? Nah karena gamau bikin temen kita itu down jadi kita bilang aja iya lumayan (lumayan gaenak wkwk).

  • Berbohong buat ga nyeritain masalah kita.
                   Suka ada orang yang gamau cerita masalah  kita ke orang. Masalah lo derita lo wkwk. Contoh, kita lagi kerja di sebuah perkantoran. Hari itu tuh bad day banget buat lo. Dan tiba-tiba ada temen lo atau siapalah yang nanya. Gimana tadi dikantor? Dan lo itu jawabnya "everything was fine". Okeh maap yang ini rada garing.


    Jadi masih mikir kalo bohong itu selalu salah?. Karena ga semua kebohongan itu salah. Sekian Ratna Kencana Putri melaporkan dari lokasi. Wassalam

0 comments:

Post a Comment